Jenis Burung Hantu Yang ‘kini’ Dilindungi – Raptor Indonesia
 

Jenis Burung Hantu Yang ‘kini’ Dilindungi

| Posted in BERITA

Kementerian Ligkungan Hidup dan Kehutanan membuat kejutan yang cukup menghebohkan dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 20 tahun 2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar dilindungi sebagai pengganti Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1999. Banyak kalangan menilai penerbitan PermenLHK itu tidak memihak rakyat kecil dan penangkar. Hal tersebut dikarenakan beberapa jenis burung yang masuk dalam urutan yang dilindungi merupakan jenis – jenis yang banyak dipelihara oleh para penghobi burung kicau seperti Cucak Rawa (Pycnonotus zeylanicus), Kucica Hutan (Kittacincla malabarica) dan Cica Daun Besar (Chloropsis sonnerati).

Terkait dengan hal tersebut, kami menyikapinya sebagai dinamika yang memang harus dilalui dalam sebuah keputusan besar. Terbitnya peraturan menteri yang baru terkait jenis – jenis satwa yang dilindungi tentunya ada baik dan buruknya tergantung dinilai dari kacamata apa.

Terkait dengan upaya konservasi burung pemangsa ini menjadi langkah yang harus disikapi dengan baik. Dalam peraturan menteri yang baru kini masuk 16 (enambelas) jenis burung hantu yang tadinya belum dilindungi menjadi dilindungi. Hal ini tentunya sangat baik mengingat selama ini belum ada peraturan yang mengatur terkait peredaran burung hantu di Indonesia. Burung hantu termasuk jenis burung pemangsa yang selama ini memiliki tekanan eksploitasi cukup besar yang disebabkan oleh statusnya yang tidak dilindungi. Dengan adanya peraturan yang baru diharapkan langkah pemerintah dalam upaya perlindungannya bisa semakin optimal.

raptor indonesia

Celepuk Jawa (Otus angelinae) | Khaleb Yordan/Jakarta Birder

Berikut adalah jenis – jenis burung hantu yang masuk dalam P.20 tahun 2018:

Strigidae

  1. PUNGGUK TOGIAN Ninox burhani
  2. PUNGGUK MERAH-TUA Ninox ios
  3. CELEPUK FLORES Otus alfredi
  4. CELEPUK JAWA Otus angelinae
  5. CELEPUK BIAK Otus beccarii
  6. CELEPUK RAJA Otus brookii
  7. CELEPUK SANGIHE Otus collari
  8. CELEPUK ENGGANO Otus enganensis
  9. CELEPUK RINJANI Otus jolandae
  10. CELEPUK SULAWESI Otus manadensis
  11. CELEPUK BANGGAI Otus mendeni
  12. CELEPUK MENTAWAI Otus mentawi
  13. CELEPUK SIAU Otus siaoensis
  14. CELEPUK SIMALUR Otus umbra

Tytonidae

  1. SERAK MINAHASA Tyto inexpectata
  2. SERAK TALIABU Tyto nigrobrunnea