Elang-ular jari-pendek – Raptor Indonesia
 

Elang-ular jari-pendek

| Posted in SPESIES

SHORT-TOED SNAKE-EAGLE | Least Concern (LC)

Circaetus gallicus (Gmelin, 1788)

Sape, Bima , Nusa Tenggara Barat | Copyright Jericho

Persebaran dan Ras

Tersebar mulai dari Afrika, Erasia, India, Cina Utara, dan Indonesia. Jenis monotypic. Di Indonesia diketahui sebagai jenis penetap di kawasan Nusa Tenggara.

Deskripsi

Berukuran sedang (63-68 cm) berwarna pucat. Tubuh terlihat kekar dengan muka seperti kucing. Bagian atas coklat keabu-abuan, bagian bawah putih denga coretan gelap, tenggorokan dan dada coklat. Terdapat garis melintang yang samar pada perut dan empat garis melintang yang samar pada ekor. Individu remaja berwarna lebih pucat daripada dewasa. Pada waktu terbang, sayap terlihat lebar dan panjang, dengan garis panjang mencolok pada penutup sayap dan bulu terbang.

Iris kuning, paruh hitam, sera abu-abu, kaki kehijauan.

Suara

Suara calling dan Song individu dewasa di Turkey | www.xeno-canto.org/483867

Belum ada rekaman suara dari Indonesia

Habitat

Menghuni daerah pinggiran hutan dan semak sekunder. Di Ende ditemukan di kawasan penyangga Taman Nasional Kelimutu yang berbukit dan kawasan kebun yang terbuka.

Berbiak

Musim berbiak antara bulan Desember hingga Mei. Jantan dan Betina membangun sarang secara bersamaan. Masa inkubasi 46-48 hari dengan perilaku mengerami lebih banyak individu Betina.

Makanan

Makanan utamanya adalah Ular dan Jenis Reptil lainnya.

Kebiasaan dan Status Migrasi

Terbang berputar di atas kanopi hutan sendiri atau berpasangan dengan saling bersautan satu dengan yang lainnya. Populasi dari Nusa Tenggara diketahui bermigrasi ke Bali, Baluran dan Jawa Timur.

Individu dewasa di TN. Baluran, Jawa Timur | Copyright Budi Hermawan

Status Keterancaman dan Perlindungan

Berkurangnya habitat yang karena deforestasi dan pembukaan hutan untuk perkebunan dan pemukiman.

Merupakan jenis yang dilindungi Undang-undang Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem serta Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan P.106 tahun 2018 tentang Jenis-jenis Tumbuhan dan Satwa Liar dilindungi di Indonesia.

Referensi

Ferguson-Lees, J., and D.A. Christie. 2001. Raptors of the world. Houghton  Mifflin, Boston, MA.

MacKinnon, J., K. Phillipps., dan van Balen, S. 2010. Seri Panduan Lapangan Burung-burung di Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan; termasuk Sabah, Sawawak dan Brunei Darussalam. LIPI – Burung Indonesia, Bogor.

Mehmet ÜNLÜ, XC483867. Accessible at www.xeno-canto.org/483867

Pande,S., dan R. Pawar. 2018. Short-toed Snake-eagle (text). A Field Guide to the Raptors of Asia. Sedentary Raptors of Oriental and East Asia. Vol.2. (Compilers Gombobaatar, S. and Yamazaki,T.). Asian Raptor Research and Conservation Network. p. 68-69.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *