Elang Brontok – Raptor Indonesia
 

Elang Brontok

| Posted in SPESIES

CHANGEABLE HAWK-EAGLE | Least Concern (LC)

Nisaetus cirrhatus J. F. Gmelin, 1788

N.c.limnaetus, Yogyakarta | Copyright Asman A. Purwanto

Persebaran dan Ras

Jenis ini tersebar mulai dari India, Asia tenggara, Filipina, dan Indonesia (Sunda Besar).  Terdapat beberapa sub-species dimana 2 diantaranya berada di Indonesia sebagai berikut.

  • Nisaetus cirrhatus cirrhatus (J. F. Gmelin, 1788) – Crested Hawk-eagle – India hingga selatan  Rajasthan.
  • Nisaetus cirrhatus ceylanensis (J. F. Gmelin, 1788) – Sri Lanka.
  • Nisaetus cirrhatus andamanensis (Tytler, 1865) – Pulau Andaman.

Sub-species Indonesia

  • Nisaetus cirrhatus limnaeetus (Horsfield, 1821) – Changeable Hawk-eagle – India Utara dan Nepal bagaian Timur hingga Bangladeshm Myanmar, Indochina, Semanjung Malaya ke Sunda Besar dan Filipina bagian Asia Tenggara (Palawan, Mindoro, Mindanao).
  • Nisaetus cirrhatus vanheurni (Junge, 1936) – anak jenis endemik Pulau Simeulue (Sumatra).

Deskripsi

Berukuran besar 51–82 cm ,rentang sayap 100–160 cm, bertubuh ramping.

Sayap sangat lebar, ekor panjang berbentuk bulat, jambul sangat pendek. Terdapat fase gelap, pucat, dan peralihan. Fase gelap: seluruh tubuh coklat gelap dengan garis hitam pada ujung ekor, terlihat kontras dengan bagian ekor lain yang coklat dan lebih terang. Burung muda juga berwarna gelap. Fase terang: tubuh bagian atas coklat abu-abu gelap, tubuh bagian bawah putih bercoret-coret coklat kehitaman memanjang, setrip mata dan kumis kehitaman. Burung muda: tubuh bagian atas coklat keabu-abuan, kepala dan tubuh bagian bawah keputih-putihan. Bentuk peralihan diantara fase tadi terutama terlihat pada pola warna coretan dan garis (tetapi lebih mirip bentuk terang): garis-garis hitam pada ekor dan sayap tidak teratur serta garis-garis coklat kemerahan melintang pada perut bagian bawah, paha, dan ekor bagian bawah.

Iris kuning sampai coklat, paruh kehitaman, sera kuning kehitaman, kaki kuning kehijauan.

N.c.limnaetus dark morph, Yogyakarta | Asman A. Purwanto

Suara

Berupa pekikan panjang “kwip-kwip-kwip-kwip-kwiiah” meninggi atau “klii-liiuw” tajam. Ada sedikit perbedaan antara anak jenis N.c.limnaetus dengan N.c.vanheurni seperti dua suara di bawah ini:

N.c.limnaetus | www.xeno-canto.org
N.c.vanheurni | www.xeno-canto.org

Habitat

Ditemukan kawasan hutan kebun, lahan terbuka, hutan sekunder hingga hutan alami. Dapat dijumpai dari dataran rendah sampai dataran tinggi hingga 2500 mdpl. Terbang berputar di atas kanopi hutan untuk mengawasi mangsa.

Berbiak

Musim berbiak bervariasi: di Kalimantan dan Sumatra Desember-Juni; di Jawa April-Agustus, satu burung muda ditemukan pada bulan Oktober di Sumatra. Sarang berukuran besar dibangun oleh sepasang induk pada ketinggian 10-30 m, biasanya di percabangan utama pohon yang besar. Telur 1 butir yang dierami oleh induk betina selam 40 hari. Anakan mulai belajar terbang dan meninggalkan sarang umur 68 hari

Makanan

Memakan burung berukuran kecil sampai besar, ular, katak, kadal, dan mamalia.

Kebiasaan dan Status Migrasi

Mengunjungi hutan dan daerah berhutan yang terbuka. Berburu dari udara atau dari tempat bertengger di pohon kering dengan satu serangan cepat dan dalam jarak pendek. Individu beberapa diketahui bermigrasi, melakukan pergerakan dari dataran rendah ke kawasan pegunungan untuk mengembangkan wilayah jelajahnya.

Terbang membawa mangsa | Asman A. Purwanto

Status Keterancaman dan Perlindungan

Berkurangnya habitat yang karena deforestasi dan pembukaan hutan untuk perkebunan dan pemukiman.

Merupakan jenis yang dilindungi Undang-undang Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem serta Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan P.106 tahun 2018 tentang Jenis-jenis Tumbuhan dan Satwa Liar dilindungi di Indonesia.

Dark morph dalam posisi terbang | Asman A. Purwanto

Referensi

Clark, W.S., Boesman, P. & Marks, J.S. 2020. Changeable Hawk-eagle (Nisaetus cirrhatus). In: del Hoyo, J., Elliott, A., Sargatal, J., Christie, D.A. & de Juana, E. (eds.). Handbook of the Birds of the World Alive. Lynx Edicions, Barcelona. (retrieved from https://www.hbw.com/node/53175 on 3 February 2020)

Ferguson-Lees, J., and D.A. Christie. 2001. Raptors of the world. Houghton  Mifflin, Boston, MA.

Frank Lambert, XC523392. Accessible at www.xeno-canto.org/523392

Frank Lambert, XC501291. Accessible at www.xeno-canto.org/501291

MacKinnon, J., K. Phillipps., dan van Balen, S. 2010. Seri Panduan Lapangan Burung-burung di Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan; termasuk Sabah, Sawawak dan Brunei Darussalam. LIPI – Burung Indonesia, Bogor.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *